Jorge Lorenzo ke Jepang untuk Percepat adaptasi Honda

Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo mendapat hasil mengecewakan race di Mugello, Lorenzo bertolak menuju Jepang demi meningkatkan feeling pada Honda RC213V.

lorenzo_repsol _honda

Kesulitan sang lima kali juara dunia berlanjut dalam gelaran MotoGP Italia, Minggu (2/6). Jika musim lalu sukses mempersembahkan kemenangan untuk Ducati, tahun ini X-Fuera hanya mampu finis ke-13.

Baca Juga :
- Honda Siapkan Motor Adventure Baru CRF850L Africa Twin
- Tuas Rem Bermasalah Yamaha R25 dan XMax Kena Recall

Lorenzo pun mengungkapkan, bahwa ia akan terbang ke pabrik Honda di Asakadai untuk mencari rasa yang lebih nyaman saat menggeber RC213V – area di mana Spaniard masih merasa perlu adanya perbaikan.

“Saya benar-benar percaya kami bisa membuat peningkatan yang cukup besar pada area itu. Solusi bagi kami adalah pergi ke Jepang, menghabiskan beberapa hari di sana,” bebernya.

“Saya tahu sebelum perlombaan akan sulit karena feeling, bagaimana feeling saya di atas motor, juga karena [kondisi cuaca] panas dan posisi start saya [ke-17].

“Kurang lebih saya menjaga kecepatan yang saya harapkan, tiba di posisi yang saya harapkan. Tidak lebih baik, tidak lebih buruk. Tetapi kami tidak bisa senang.

“Posisi dan jarak dari pemenang pemenang [lebih buruk] dari Le Mans, namun kami sudah menduganya sebelum balapan.

“Semoga kami, selangkah demi selangkah, bisa lebih dekat dan meningkatkan hasil dari Le Mans. Ini target saya. Inilah mengapa saya tidak pulang, tetapi bekerja keras di pabrik [Honda],” terang pengguna nomor 99 tersebut.

Enam seri telah berlalu dalam debut sebagai pembalap skuat berlogo sayap tunggal, Lorenzo terpuruk di peringkat ke-14 klasemen sementara. Ia bahkan baru mengemas 19 poin – selisih hampir 100 poin dibanding Marc Marquez.

Baca Juga :
- Suzuki Katana Jindachi Special Edition GSXS1000S
- Dovizioso Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP di Mugello 2019

Sebelumnya usai kualifikasi, Sabtu (1/6), X-Fuera merasa Honda enggan mengubah motor lantaran performa superior rekan setimnya. Kini, setelah balapan, ia meyakini HRC punya kapasitas untuk membangun motor yang lebih lengkap untuk pembalap lainnya.

“Jelas kami memiliki mesin yang sangat kuat pada saat ini. Namun ini membawa masalah lain di area lain. Menurut saya, [membuat motor] sulit untuk dikendarai,” tuturnya.

“Marc sangat kencang. [Dia] memenangi banyak balapan dengan motor ini. Jadi, hal yang paling logis bagi mereka adalah terus [mengikuti] jalan Marc. “Tetapi saya juga percaya jika ada pabrikan yang bisa membuat Plan B, itu adalah Honda.”ungkap Lorenzo

Lorenzo lalu menambahkan: “Mari kita lihat apakah kita dapat bekerja sama tidak hanya dengan ergonomi, namun juga dalam hal-hal lain untuk membuat motor lebih lengkap dari sekarang.

“Saat ini motor sudah cukup lengkap bagi Marc untuk meningkatkan hasil tahun-tahun sebelumnya, tetapi untuk pembalap lain itu lebih sulit,” pungkasnya.

Honda Siapkan Motor Adventure Baru CRF850L Africa Twin

Nama besar Honda Africa Twin CRF1000L memang sudah jadi jagoannya Honda di segmen Motor Adventure dual purpose.

Honda-CRF850L-Africa-Twin

Namun berdasarkan kabar terbaru dari media Jepang Auto By, Honda disinyalir tengah mempersiapkan Africa Twin baru alias Honda CRF850L dengan mesin 850 cc.

Baca Juga :
- Tuas Rem Bermasalah Yamaha R25 dan XMax Kena Recall
- Suzuki Katana Jindachi Special Edition GSXS1000S

Dengan nama sementara Honda CRF850L, kemungkinan Africa Twin ini disiapkan untuk menggebuk saingannya dari pabrikan garputala yaitu Yamaha Tenere XTZ700 atau malah head to head dengan BMW F800GS.

Seperti abangnya Honda CRF850L Africa Twin ini kemungkinan besar tetap mempertahankan mengunakan dapur pacu inline dua silinder.

Honda-Africa-Twin-CRF1000L-2019

Selain itu kalau melihat render dari majalah Jepang Auto By, garis bodinya enggak jauh berbeda dengan Honda CRF1000L Africa Twin yang sudah beredar sekarang.

Rumor tentang versi baru dari Honda Africa Twin enggak cuma ini saja, sebab ada kabar juga kalau Honda mengembangkan CRF1100L Africa Twin yang lebih besar.

Baca Juga :
- Dovizioso Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP di Mugello 2019
- KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Hanya Diproduksi 500 Unit

Africa Twin 1100 rencananya akan diperkenalkan tahun 2020, sedangkan Africa Twin 850 akan diperkenalkan tahun 2021.

Jadinya ada kemungkinan kalau Honda CRF1000L akan di-discontinue dan dilanjut dengan dua model baru yaitu Africa Twin 1100 dan Africa Twin 850.

Tuas Rem Bermasalah Yamaha R25 dan XMax Kena Recall

Racing Drag. Yamaha R25 dan Yamaha X-Max yang sudah beredar di tangan konsumen di Malaysia harus ditarik (recall) karena diwajibkan untuk melakukan penggantian onderdil.

Yamaha-R25

Pengumuman recall ini dilakukan oleh agen pemegang merek (APM) Yamaha di Malaysia yakni Hong Leong Yamaha. Berdasarkan pemberitahuan tersebut, pemilik R25 maupun XMax diwajibkan mengganti tuas rem belakangnya.

Baca Juga :
- Suzuki Katana Jindachi Special Edition GSXS1000S
- Dovizioso Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP di Mugello 2019
Tidak dijelaskan alasannya, apakah terkait soal fungsi atau material. Namun, konsumen dipastikan mendapatkan perangkat baru tersebut secara gratis. Sementara itu, unit yang ditarik terdiri dari beberapa Yamaha R25 dan Yamaha XMax produksi 2019.

Agar bisa mendapatkan suku cadang baru, konsumen harus menghubungi jaringan dealer resmi Yamaha maupun Hong Leong Yamaha. Program recall ini akan mulai dijalankan pada pertengahan Juni 2019 nanti.

Seperti diketahui, baik Yamaha R25 maupun Yamaha XMax adalah motor buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Di Indonesia sendiri, khususnya Yamaha R25 juga pernah mengalami recall.

 Baca Juga :
- KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Hanya Diproduksi 500 Unit
- Kawasaki KLX230 Resmi Meluncur Jakarta Fair 2019

Kali itu, pihak pabrikan menyatakan Spring Torsion dan Hose Radiator pada motor ini harus diganti. Namun, kasus tersebut hanya berlaku untuk unit produksi 2014-2017.

Sementara itu, ini adalah untuk pertama kalinya Yamaha XMax menjalani recall. Padahal sejak dirilis sejak 2017 silam, Maxi Scooter andalan Yamaha ini tak pernah diinformasikan oleh pihak PT YIMM mengalami masalah pada spare parts.

Suzuki Katana Jindachi Special Edition GSXS1000S

Sportbike legendaris Suzuki Katana tampil makin gagah dan sporty dalam Suzuki Katana Jindachi Special Edition

Suzuki-Katana-Jindachi-Special-Edition-GSXS1000S

Belum lama ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2Wheel menghadirkan Suzuki Katana dalam gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2019. Sebelumnya, generasi teranyar sportbike legendaris tersebut telah dirilis di Intermot 2018

Baca Juga :
- Dovizioso Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP di Mugello 2019
- KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Hanya Diproduksi 500 Unit

Kini, mengutip Motoappassionati.it, pabrikan asal Jepang tersebut merilis edisi terbatas dari motor legendaris mereka, yaitu Suzuki Katana Jindachi Edition.

Suzuki-Katana-Jindachi-Special-Edition-GSXS1000S-1

headlamp-Katana-Jindachi-Special-Edition

jok-Katana-Jindachi

Parts Jindachi Katana diperkaya dengan aksesori yang meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari, memperindah garis dan meningkatkan kinerja serta suara knalpot. Paket yang dibuat oleh Suzuki meliputi:
  • Knalpot titanium yang khusus dibuat untuk Katana oleh spesialis Akrapovic, yang memberikan sentuhan sporty pada salurannya, memungkinkan penghematan berat yang signifikan dan memberikan suara yang lebih penuh ke mesin
  • Visor yang lebih yang besar,  melindungi tubuh pengendara dengan cepat dan memberikan kontinuitas ke garis depan
  • Jok hitam dan merah dua warna dari pengerjaan indah, dihiasi dengan logo Katana yang dicetak
  • Stiker bodywork, yang menggarisbawahi garis besar struktur atas
  • Stiker untuk roda, yang memasukkan merah detail lainnya 
  • Stiker pelindung karbon yang menonjolkan grit Katana
  • Perlindungan tangki, selalu terlihat karbon, yang membatasi risiko goresan.

Jindachi adalah salah satu jenis dari pedang Jepang yang memperhatikan berbagai detail kecil dan memiliki tampilkan menarik. Karena itu, Suzuki Katana Jindachi Edition memiliki beberapa komponen kecil baru yang membuatnya semakin gagah dan sporty.

Baca Juga :
- Kawasaki KLX230 Resmi Meluncur Jakarta Fair 2019
- Helm Berteknologi Iron Man Ini Dijual Bebas

Suzuki-Katana-Jindachi-Special-Edition

tank-pad-Katana-Jindachi-Special-Edition

velg-Katana-Jindachi

wheel-Katana-Jindachi-Special-Edition

Terdapat beberapa komponen aftermarket yang disematkan pada Suzuki Katana Jindachi, yaitu knalpot titanium dari Akrapovic, windshield yang lebih besar, jok dual-tone merah-hitam dengan logo Katana, dan striping berwarna merah.

Selain itu, pihak Suzuki juga memberi aksen merah di velg Suzuki Katana. Beberapa komponen proteksi juga dibekalkan, seperti cover tutup tangki dan tank-pad bermotif karbon.

Meski masih menggunakan mesin yang sama dengan model standar, 4-silinder inline 999 cc liquid-cooled, tenaga Suzuki Katana Jindachi mengalami peningkatan menjadi 150 hp. Bobotnya juga lebih ringan berkat knalpot baru.

Karena bukan edisi terbatas, beragam aksesori tersebut dapat dibeli secara terpisah. Dengan berbagai komponen baru, harga Suzuki Katana Jindachi tentu lebih mahal, mencapai EUR14.290 atau sekitar Rp228 jutaan (Kurs EUR1 = Rp15.980).

Dovizioso Pecahkan Rekor Top Speed MotoGP di Mugello 2019

Pembalap Ducati Andrea Dovizioso menjadi rider tercepat sepanjang sejarah MotoGP. pembalap Ducati itu mampu melesat dengan kecepatan 356,7 km/jam

Dovizioso-speed-Mugello-2019

Rekor tersebut tercipta di MotoGP Italia 2019. Dovizioso melesat dengan kecepatan 356,7 km/jam saat melahap trek Sirkuit Mugello, Sabtu (1/6/2019) dalam sesi latihan bebas ketiga.

Di sesi itu, Dovizioso sedianya hanya mampu menempati peringkat ke-11. Namun, pembalap berusia 33 tahun itu mampu memacu motor Desmosedici GP19 miliknya jauh melebihi kecepatan pembalap lainnya.

Baca Juga :
- KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Hanya Diproduksi 500 Unit
- Kawasaki KLX230 Resmi Meluncur Jakarta Fair 2019

Hanya rekan setimnya di Ducati, Danilo Petrucci, yang bisa mendekati top speed Dovizioso. Petrucci, yang menjadi rider tercepat Free Practice ketiga, memacu motornya sampai 355 km/jam.

Catatan ini membuat Dovizioso mematahkan rekor top speed MotoGP sebelumnya, yang juga atas nama miliknya. Musim lalu, juga di MotoGP Italia, top speed Dovizioso mencapai 356,5 km/jam.

Baca Juga :
- Helm Berteknologi Iron Man Ini Dijual Bebas
- Bajaj Pulsar NS Gotong Mesin 250cc Tantang Kawasaki Z250

Dovizioso sendiri akan membalap di MotoGP Italia pada Minggu (2/6/2019). Runner up MotoGP 2018 itu akan memulai perlombaan dari peringkat ke-9, dengan rider Repsol Honda Marc Marquez yang bertindak sebagai pole seater.

KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Hanya Diproduksi 500 Unit

Baru-baru ini KTM baru saja meluncurkan motor enduro model year 2020 versi standar dan motor enduro edisi spesial Six Days Portugal model year 2020.

2020-KTM-300-EXC-TPI-ErzbergRodeo
KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo

Motor enduro versi standar ada KTM 150/250/300 EXC TPI yang bermesin 2-tak dan ada KTM 250/350/450/500 EXC-F dengan mesin 4-tak.

Baca Juga :
- Kawasaki KLX230 Resmi Meluncur Jakarta Fair 2019
- Helm Berteknologi Iron Man Ini Dijual Bebas

Diantara varian enduro tersebut terselipkan motor enduro limited edition KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo. KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, yaitu hanya 500 unit saja.

2020-KTM-300-EXC-TPI-ErzbergRodeo-1

Namanya juga limited edition, KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Menurut keterangan resmi KTM, mereka hanya memproduksi dan menjual KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo sebanyak 500 unit saja.

Baca Juga :
- Bajaj Pulsar NS Gotong Mesin 250cc Tantang Kawasaki Z250
- Honda Rilis CRF110F & CRF125F Edisi 2019

Tidak kurang dan tidak lebih. Motor ini diproduksi untuk memperingati gelaran kompetisi Extreme Enduro ErzbergRodeo (Red Bull Hare Scramble) yang ke-25 pada tahun 2019 ini. Mungkin ada pertanyaan kenapa mesti versi 300 2-tak yang dibikin sebagai produk limited edition ErzbergRodeo?

2020-KTM-300-EXC-TPI-ErzbergRodeo-2

2020-KTM-300-EXC-TPI-ErzbergRodeo-3

Alasannya menurut KTM, mesin 300 2-tak adalah monster di kompetisi Extreme Enduro dengan bobot yang sangat ringan, kencang, serta punya power dan torsi yang besar. Bahkan motor ini diklaim sanggup melibas rute yang paling ekstrem sekalipun.

Memang nggak bisa dipungkiri hampir semua rider Extreme Enduro top dunia lebih memilih menggunakan mesin 300 2-tak dibandingkan dengan mesin 250 2-tak ataupun mesin 4-tak, tidak terkecuali rider-rider yang membalap dengan motor KTM.

Menurut KTM. motor ini diproduksi untuk memperingati gelaran kompetisi Extreme Enduro ErzbergRodeo (Red Bull Hare Scramble) yang ke-25 pada tahun 2019 ini. KTM 300 EXC TPI memiliki mesin berkapasitas 293,2 cc. memakai sistem electronic fuel injection bernama Transfer Port Protocol (TPI).

Kawasaki KLX230 Resmi Meluncur Jakarta Fair 2019

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) membuat kejutan untuk pecinta trabas di Tanah Air dengan diluncurkannya motor trail terbaru yakni Kawasaki KLX230 2019. Prosesi perilisannya sudah dilakukan di Jakarta Fair, JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara

Kawasaki-KLX230-2019

Kawasaki KLX230 terlahir sebagai motor trail yang memiliki konsep dirt bike bergaya dual purpose, bertenaga, ringan, dan sangat mudah bermanuver.

 Baca Juga :
- Helm Berteknologi Iron Man Ini Dijual Bebas
- Bajaj Pulsar NS Gotong Mesin 250cc Tantang Kawasaki Z250

Desain Kawasaki KLX230 2019 terbilang simpel dan kompak seperti Kawasaki KLX150, hanya saja desain front cowl (tutup headlamp) dibuat lebih besar

Mesin Baru
Mesin yang dipakai Kawasaki KLX230 2019 benar benar baru teman teman, jadi bukan versi bore up punya KLX230 ya. hehe KLX230 mempunyai konfigurasi mesin 1 silinder 230cc (67.0 x 66.0 mm) SOHC 2 klep.

Berpendingin udara dan memiliki tenaga kuda sebesar 14.0 kW {19 PS} / 7,600 rpm serta torsi puncak 9.8 N·m {2.0 kgƒ·m} / 6,100 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi Manual 6 percepatan.

Kawasaki-KLX230-2019-1

Motor Kawasaki KLX230 sudah Fuel Injection (Fi) dengan Throttle Body punya Keihin 32mm. Motor ini sudah tidak pakai kick starter, sebagai gantinya pakai electric starter. Motor sudah dibekali kapasitor bank, sebuah komponen yang berfungsi menyimpan arus listrik dan menyuplainya ke sistem kelistrikan jikalau tegangan aki drop.

Baca Juga :
- Honda Rilis CRF110F & CRF125F Edisi 2019
- New Honda Supra Fit 2019 Harga Rp10 Juta-an

Chasis Baru
Menurut Kawasaki, mesin dan rangka didesain selaras (sama sama baru), sehingga dapat meminimalisir tinggi mesin, serta membentuk garis frame yang optimal sehingga tidak kaku dan juga membuat jok jadi rendah. Wheelbase yang pendek membuat motor ini mudah dihandle saat bermanuver, sehingga cocok untuk pengendara pemula.

Hadir 2 Tipe
Kebiasaan Kawasaki Indonesia kalau merilis motor baru pasti ada dua tipe yakni Standar dan Special Edition (SE). Perbedaanya cuma aksesoris dan warna yang dibawakan masing-masing motor.

KLX230 2019 Standar

Kawasaki KLX230 Standar Warna Hijau
Kawasaki KLX230 Standar Warna Hijau

Kawasaki KLX230 Standar Warna Hitam
Kawasaki KLX230 Standar Warna Hitam

KLX230 2019 Special Edition (SE)

Kawasaki KLX230 Standar Warna Merah
Kawasaki KLX230 Standar Warna Merah

Kawasaki KLX230 Standar Warna Biru
Kawasaki KLX230 Standar Warna Biru

Harga Kawasaki KLX230 2019
Harga resmi Kawasaki KLX230 2019 untuk versi standar dibanderol Rp 42.500.000 sementara KLX230 SE dibanderol Rp 44.900.000,-.

Kawasaki memberikan promo menarik sehabis launching yang berlaku untuk booking order hingga akhir Juni 2019 mendatang. Harga promo untuk KLX230 standar Rp 39.900.000,-. dan SE nya Rp 42.300.000,-.