Spesifikasi dan Harga Yamaha E-Vino

Jakarta Racing Drag. Yamaha memperkenalkan skuter terbaru bertenaga listrik, E-Vino. Meski tak diluncurkan sebagai ajang penjualan dan mereka menyebutnya sebagai produk uji pasar.

Yamaha-E-Vino-RacingDrag

Untu mengetahui lebih jauh apa saja spesifikasi detailnya tentu akan menarik. Apalagi Motor Listrik Yamaha E-Vino ini sejatinya sudah beredar di negara asalnya, Jepang.

Baca Juga :
- Haojue DR300 Resmi Diperkenalkan
- Royal Enfield Classic 500 Pegasus Masuk Indonesia
- New Yamaha MX King 150 Rilis di Vietnam
dan
- Gantengnya Warna Baru Honda CRF150L


Dimensi Motor Listrik Yamaha E-Vino
Dilansir dari laman resmi Yamaha Motor Co, dimensi keseluruhan Yamaha E-Vino 1.675 mm x 670 mm x 1030 mm. Jarak antarsumbu roda-nya (wheelbase) 1.160 mm. Dengan dimensi itu, tentu tak terlalu jauh besarnya dengan skuter konvensional yang beredar di tanah air.

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-1

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-2

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-3

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-4

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-5

Berat keseluruhan pun sangat ringan, hanya 66 kg dalam kondisi baterai terpasang. Sedangkan ketinggian jok 720 mm, sebuah proporsi yang mencukupi bagi masyarakat Indonesia.

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-6

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-7

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-8

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-9

Yamaha-E-Vino-RacingDrag-10

Mesin Motor Listrik Yamaha E-Vino

Mesin tentu tak ada. Soalnya unit bakar bensin berbasis silinder dan piston tak lagi digunakan. Kita pun harus biasa menyebut penghasil daya gerak bernama motor atau generator.

Generatornya disebut dalam laman resmi berjenis AC synchronous motor yang mampu menghasilkan 0,58 kw. Ya, tenaga yang sangat kecil jika dibandingkan dengan skuter 110 cc dengan hasil tenaga 6,27 kw.

Sumber tenaga listriknya baterai Lithium Ion dengan tegangan 50V berkapasitas 10Ah. Konon klaimnya dari kondisi terisi penuh (3 jam pengecasan) motor ini mampu dilenggangkan sejauh 30 km. Itu pun jika kecepatan rata-rata yang digunakan 30 kpj.

Daya Angkut Motor Listrik Yamaha E-Vino
Nah, untuk yang satu ini, perlu digarisbawahi. Soalnya kemampuan E-Vino mengangkut penumpang hanya 1 alias tidak direkomendasi untuk berboncengan.

Karenanya, joknya pun tidak menunjukkan kapabilitas yang andal untuk membonceng. Pun ketidakhadiran foot step untuk penumpang belakang.

Harga Motor Listrik Yamaha E-Vino

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), saat ini belum menjual E-Vino secara resmi. Namun 10 unit skuter listrik bergaya retro, sudah diberikan pada 4 institusi swasta. Tujuannya, melihat bagaimana respons pengguna motor listrik. Namun upaya kami mencari harga tak berhenti di situ.

Dari situs resmi Yamaha Jepang disebutkan, harga E-Vino mulai 219 ribu Yen atau Rp 26 jutaan. Sebuah nominal yang cukup mahal bagi motor dengan kapabilitas terbatas. Tapi itu jika kita menanamkan paradigma, harga adalah paket keseluruhan.

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E-Vino
  • Baterai Lithium ion (50V-12Ah)
  • Lama pengisian baterai : 3 jam
  • Jarak tempuh : 33 km
  • Kecepatan maksimum : 44 km / jam (E-Vino versi Taiwan)
  • Radius putar : 1,8 m
  • Panjang x lebar x tinggi : 1.675 x 670 x 1.030 (mm)
  • Jarak sumbu roda : 1.160 mm
  • Tinggi jok : 720 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 90 mm
  • Berat : 66 kg
  • Ban depan - belakang : 90/90-10
  • Rem depan- belakang : Teromol
Kita tentu tidak perlu memperhitungkan biaya pembelian bahan bakar, serta servis mahal ala kuda besi konvensional yang sudah tidak ada lagi, begitu menggunakan Motor Listrik Yamaha E-Vino ini. 

Simak Video New Yamaha E-Vino Motor Listrik Yamaha dibawah ini:


Jangan lupa untuk melakukan Subscribe Channel Youtube kami ya Sob, agar selalu mendapatkan video update terbaru dari Racing Drag.Terimakasih.[lpt6]

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon