Motor Suzuki Katana Diperkenalkan di Intermot

Racing Drag Suzuki. Salah satu nama legendaris roda dua Suzuki kembali dihidupkan. Motor sport Suzuki Katana generasi paling modern, dibuka selubungnya pada pameran motor Intermot (international motorcycle Fair) di Jerman.

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot

Salah satu motor yang cukup dinanti itu, lahir sebagai tribut pada Katana pertama, yang bermula pada 1981 dan menjadi sportsbike paling ikonik yang pernah diproduksi Suzuki.

Baca Juga:
- Gantengnya Benelli TRK 251 2019 Motor Dual Sport
- Yamaha Ténéré 700 World Raid Siap Diluncurkan dan
- Benelli Motobi 200 Evo Penantang Kawasaki W175

Seperti yang biasa terjadi pada model baru dengan inspirasi ikonik klasik, Katana juga punya sejumlah poin yang diangkat dari rilisan 1981. Selebihnya, mengambil dari motor GSX-S1000.

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-1

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-2

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-3

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-4

Suzuki Katana tambahkan beberapa fitur canggih dan modern, seperti yang bisa dilihat dari model konsepnya tahun lalu. Desain paling mencolok dari fairingnya yang tajam dan agresif. Jaraknya cukup jauh dengan stang kemudi. Bagian buritan, juga mencuri perhatian dengan fender compact dan berdesain floating.

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-5

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-6

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-7

Suzuki-Katana-GSX-1000-Intermot-8

Kelengkapannya, ada lampu kotak berteknologi LED di ujung wajah. Masih dari fitur modern, panel instrumen LCD sepenuhnya bercokol pada dasbor di balik stang. Fitur itu diadopsi dari GSX-R1000R. Ada yang menarik, jenis huruf pada tulisan Suzuki di tangki dijadikan persis seperti yang digunakan Katana lama.

Jantung mekanisnya juga sama dengan model GSX-R1000 lansiran 2005 - 2008. Mesin 4-silinder segaris 999cc, berpendingin cairan, dengan 73,4 x 59 mm (bore x stroke).

Stroke lebih panjang dipilih agar bisa mendapat karakter mesin lebih ber-torsi dengan respons throttle lebih halus di putaran bawah. Daya puncak yang dihasilkan, 150 hp pada 10.000 rpm dan torsi maksimal 108 Nm pada 9.500 rpm. Penyalur daya diserahkan pada transmisi 6-speed kopling ganda.

Fitur pendukung performa, tiga tingkatan sistem kontrol traksi. Fitur itu juga bisa dimatikan kalau perlu. Di balik bodi ada rangka modern twin-spar aluminium alloy. Suspensi depan memakai up-side down 43 mm dan monoshock di belakang. Kedua suspensi berlabel KYB.

Sistem deselerasi, rem cakram Brembo ganda di bagian depan berukuran 310 mm dengan dukungan ABS dari Bosch.

Dengan menghidupkan kembali nama sportsbike Suzuki Katana, diharapkan bisa mengobati kerinduan orang yang pernah mengenalnya di era 80-an. Selain itu, sebagai penghormatan kepada nama yang pernah menjadi ikon dan sohor di kalangan otomotif roda dua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon